COPY, RIGHT? right…!!

Quiz dalam Be_ReAd_ta
ReAd_Me #2 ed (23 Jan – 4 Feb 2007)
by Matsu Mazasupa_disarikan dr Suara Islam edisi xxx (lupa, maaf. Ntar q ralat deh)

Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan senjata yang ampuh dalam mewujudkan peradaban yang madani. Di sisi lain, manfaatnya sebagai agen ekonomi, tak patut dipertanyakan lagi. Jangankan sumber daya alam sebagai bahan perkembangan teknologi mutakhir, ide dan pemikiran alias kekayaan intelektual sudah menjadi komoditas perdagangan di seantero jagad.
Seringkali saat kita ingin turut mereguk nikmatnya ilmu, dan lezatnya teknologi, benturan yang terjadi pasti seputar financial. Hayo…mana ada mahasiswa yang rela menguras kantongnya demi memperoleh software-software original, atau melengkapi koleksi buku-buku kuliah dan tutorial bergambar lengkap, berwarna, berkertas glossy lagi. Paling-paling mbakar CD Installer punya temen, beli bajakan di Mangga Dua, atau hunting buku-buku murah di Kwitank. Kenapa ? Sekali lagi, kenapa, kenapa ??
Yup, Copyright alias Hak Cipta. Seberapa pelik? Yuuk, kita tengok…

TEORI
HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) adalah pengakuan hukum dari negara yang memberikan hak kepada pencipta atau penemu untuk mengatur secara eksklusif penggunaan gagasan ciptaannya dalam jangka waktu tertentu sebagai kompensasi dari pengumumannya kepada publik (publikasi).
Di Indonesia, perlindungan hak cipta biasanya diberikan selama 70 tahun. Di antaranya ada pada karya kreatif atau seni (buku, film, musik, lukisan, foto, dan software) dan pemegangnya diberi hak eksklusif untuk jangka waktu tertentu mengontrol reproduksi (meng-copy) atau adaptasinya (penerjemahan, pengangkatan buku menjadi film, dsb).

KRITIK & KONTROVERSI
Kontroversi terjadi ketika di satu sisi, UU HAKI mendorong para penemu untuk membuat inovasi agar diketahui umum. Namun pada saat yang sama, ia juga memberi hak eksklusif pemanfaatan karya mereka dalam jangka waktu tertentu. Artinya secara tidak langsung, publik justru dibatasi dg syarat-syarat pemegang HAKI dalam mengambil manfaat dari penggunaan informasi yang dipublikasikan.
Para ekonom kapitalis menyakinkan bahwa pasar bebas tanpa hak eksklusif akan membawa produksi intelektual yang lebih rendah. Namun adanya hubungan antara peningkatan jumlah penemuan dengan diberlakukannya UU HAKI merupakan suatu kewajaran bila makin hari makin banyak penemuan teknologi, karena memang elemen yang dapat dikombinasikan semakin banyak.
Jika dilihat sekilas, paradigma yang muncul hanya berkisar pada kerugian yang ditanggung pemegang HAKI. Misalnya, Bussiness Software Alliace (BSA) mengklaim bahwa pembajakan software di seluruh dunia telah merugikan para penciptanya senilai US $29 Milyar, namun perhitungan mengenai biaya financial yang ditanggung suatu badan (perusahaan, perseorangan, atau negara) akibat software yang dibeli legal namun tidak optimal, tak pernah dipublikasikan. Otomatis, perkembangan ilmu dan teknologi juga terhambat. Ini akan menjadi suatu yang kontraproduktif dengan tujuan UU HAKI yang ingin mendorong para penemu untuk membuat inovasi.

QUIZ-nya neeeh…
Jadi kepikiran untuk migrasi ke open source ???
Nah, cari tahu dulu, di mana kita bisa dapatkan informasi tentang segala hal yang “source”-nya “open”. Ada yang dah tahu??? Eh, ga usah teriak-teriak jawabnya.
Tulis aja diselembar kertas tentang website-website apa aja (minimal 10) yang bisa ReAders kunjungi untuk mendapatkan software-software yang grateeess but keren abiss, ga kalah sama yang full-licensed. 1 (satu) pengirim terbaik (tercepat, terbanyak, dan akurat jawabannya) akan mendapat bingkisan dari ReAd_Me berupa 1 (satu) buah live-CD ubuntu. Ayo buruaan…! Jawaban ditunggu sampai ReAd_Me edisi berikutnya.

Advertisements

~ by Ayuning Mazasupa on January 26, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: