Wow !

RU ReAd-y?
ReAd_Me #2 ed (23 Jan – 4 Feb 2007)
by S7S_Sumber : http://www.kompas.com

HASIL JEPRETAN TELESKOP HUBBLE YANG MENAKJUBKAN

• Meski telah empat belas tahun bertugas, teleskop ruang angkasa Hubble masih tetap menghasilkan gambar-gambar jagad raya yang menakjubkan. Foto terbaru yang disajikannya adalah gambar detail Bug Nebula, kabut raksasa debu dan gas yang menyembunyikan sebuah bintang panas yang nyaris mati.

untitled.JPG

Bug Nebula, atau dikenal dengan NGC 6302, berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari Bumi, tepatnya di arah selatan gugusan bintang Scorpius.
Perlu diketahui, bintang-bintang seperti Matahari kita akan terkelupas kulit luarnya saat mereka menjadi tua. Dalam kasus Bug Nebula, bintang yang berada di baliknya, menyebarkan material ’kulit’ itu ke dua arah berlawanan sehingga berbentuk sayapseperti kupu-kupu yang terbang di jagad raya.

• Kita tentu pernah mendangar tentang “Starry Night”, lukisan terkenal karya pelukis eksentrik Vincent van Gogh yang menggambarkan bintang-bintang di malam hari. Nah, kini ada Starry Night lain, yang bukan dilukis tetapi difoto oleh maestro masa kini, teleskop ruang angkasa Hubble! Gambar menakjubkan yang diambil teleskop Hubble ini memperlihatkan bintang-bintang V838 Monocerotis (V838 Mon) dengan cincin cahaya menyelimutinya. Di sekeliling bintang, terlihat lingkaran kabut yang membentang selebar trilyunan kilometer di ruang antar bintang, sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya.

untitled5.JPG

“Cahaya pendar yang menghiasi debu antar bintang itu berasal dari bintang raksasa merah yang berada di tengah-tengah gambar. Cahayanya telah dipantulkan kabut sehingga menimbulkan pemandangan spektakuler,” demikian pernyataan Badan Antariksa AS, NASA. Disebutkan, foto itu adalah hasil karya alam yang amat mengagumkan.
Para ilmuwan NASA menduga peristiwa ledakan cahaya V838 Mon, bintang yang terletak sekitar 20.000 tahun cahaya dari Bumi, merupakan sumber debu bercahaya yang sekarang

Advertisements

~ by Ayuning Mazasupa on January 26, 2007.

7 Responses to “Wow !”

  1. Allahu Akbar…..Allah Maha Besar. Hanya itu yang dapat kita ucapkan.Tetapi, adakah temuan itu dapat membuat diri kita mampu memaknai hidup menjadi lebih baik? lebih bertauhid?…semoga saja.

  2. Kerrrenn B9t…

  3. Allahuakbar Allah Maha Besar…………..
    Wonderfuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuullllllllllllll………………….

  4. wahai orang2 yang membaca dan melihat artikel di atas bertobat lah kamu sebelum matahari akan menyelimuti bumi dengan debu-debu panas dan berapi

  5. masya aLLah..
    betapa Luasnya alam ini…
    Hebat,.. menakjubkan… 😉

  6. waw…..excellent…moga di suatu saat nanti kita bisa berlibur ke luar angkasa jd bisa liat dengan jarak dekat….

  7. hmmmm,,,,,,,,,,,,,,tk ada kta lain selain subhanallah,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: