EVALUASI VIRUS 2006

Trick Or T-ReAd
ReAd_Me #3ed
Penyebaran Virus Lokal “Sukses” Menjadi Tuan di Rumah Sendiri
by_Fatrey [dari berbagai sumber]

Apa yang dicari pembuat virus lokal? Harta, popularitas, atau kepuasan diri? Popularitas, ego, dan kepuasaan diri mungkin menjadi alasan utama pembuat virus melakukan usaha berhari-hari memutar otak menuliskan berbagai kode pemrograman yang mampu menyebarkan dirinya secara otomatis, tidak lupa memikirkan rekayasa sosial apa yang diselipkan pada program virus ciptaannya tersebut agar penerima virus tidak curiga atau bahkan secara sukarela menjalankan file virus tersebut.
Meskipun membuat virus bukan hal yang patut dibanggakan, de facto pada tahun 2006 virus lokal Indonesia berhasil mengambil ahli tongkat kepemimpinan dari virus mancanegara sebagai virus yang paling banyak menyebar di Indonesia. Malah, karena adanya kontribusi infeksi virus lokal, total infeksi virus di Indonesia mengalahkan infeksi Spyware, padahal kecenderungan akhir tahun 2005 menunjukkan gejala bahwa penyebaran Spyware akan mengalahkan virus. Ternyata hal ini tidak terjadi di Indonesia.
Fakta ini cukup mengejutkan dan secara tidak langsung menunjukkan kemampuan programmer Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas tidak kalah dengan programmer luar negeri. Rekayasa sosial terhadap file bervirus pada awalnya hanya memalsukan icon Ms. Word atau icon Folder dan tak mengubah “Type” file sehingga pengguna komputer yang cermat akan mampu mengidentifikasi bahwa file atau folder palsu tersebut adalah virus yang menyamar dengan icon Ms. Word atau Folder. Pada perkembangan virus lokal terakhir, selain icon file dipalsukan, virus juga mengganti “Type” file .exe (executable) menjadi file folder sehingga pengguna komputer yang paling berhati-hati sekalipun akan terjebak untuk menjalankan file tersebut.
Biasanya virus ini memalsukan dirinya sebagai dokumen Ms. Word dengan icon dan nama yang sama persis dengan nama file yang ada pada Flash Disk atau hardisk (dimana file aslinya dihapus atau disembunyikan ). Icon favorit lain yang sering dipalsukan adalah icon folder, lebih canggihnya lagi biasanya diikuti perubahan pada registrasi komputer sehingga file type virus yang harusnya “application” ikut berubah menjadi “folder”.
Bagaimana cara mencegah komputer terinfeksi virus? Yang sudah jelas dan pasti adalah dengan menggunakan program antivirus yang memilki kemampuan deteksi virus yang baik. Selain itu ada satu langkah pamungkas untuk melindungi data dari serangan virus….back up, back up, dan back up.

Tips terhindar dari serangan virus lokal:
Jangan sembarangan dalam melakukan pertukaran data melaui disket/USB.
Pastikan disket/USB Flash Drive bersih dari virus dengan melakukan scan terhadap disket/USB sebelum digunakan.
Kenali jenis file yang akan dijalankan.
Biasakan untuk menampilkan extensi file, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui jenis file sebelum dijalankan.
Rajin mengikuti perkembangan tentang virus.
Install antivirus yang mempunyai dukungan lokal dan update otomatis.

Advertisements

~ by Ayuning Mazasupa on March 2, 2007.

2 Responses to “EVALUASI VIRUS 2006”

  1. Assalamualaikum.

    Yah…yah…
    Kayaknya ada yang harus diluruskan tentang viruser Indonesia. Gak sakti2 amat kok para viruser Indonesia. Cuma karena kekurangan kerjaan, jadi sering googling cari freeware di Internet. Trus dipadu dengan source virus yang telah ada. Jadi deh tipe virus baru yang menjengkelkan.

    Kedua, secara teknik pemrograman pun para viruser Indonesia juga gak begitu jago. Banyak kesalahan pemrograman kayak yang seharusnya pointer yang di pass by value, tapi sama virusernya di pass by reference. (begitu sih kata ahlinya, cari Romi Wahono comments).

    Ketiga, banyak cara untuk ngakali virus lokal. Btw, kompi saya belum sanggup di tembus virus lokal sejak September tahun lalu. Demikian juga dengan kompi salah satu lab yang pengamanan jaringannya gila( virus sasser, salah satu virus paling merugikan perusahaan di dunia, pun takluk!)

  2. Waalaikumsalam

    yo’a… u know much more.
    thax alot, Ndam…

    btw, kalo ada waktu, ajari dunks supaya kompi ntu ga ketembus virus
    he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: