Galeri


…KETIKA TOMAT DAN JERUK BERSATU…

1. Puding energen

puding-energen-tomat-jeruk-melon

bahan:
1 sachet energen (sengaja pilih yang rasa kacang hijau)
1 bungkus agar-agar putih
250 gr gula (atau sesuai selera)
900ml air
1 buah jeruk
1 buah tomat
sirup melon
susu kental manis putih

cara:
1. buatlah agar-agar seperti biasa, setelah masak pisahkan menjadi 3 bagian.
2. bagian pertama biarkan putih biasa. cetak di wadah yang besar dan tipis. kemudian dinginkan.
3. bagian kedua tambahkan dengan sirup melon sesuai selera. letakkan irisan jeruk yang sudah dipotong menjadi dua bagian ke dalam bagian kedua ini, berselang-seling dengan seperempat buah tomat yang dipotong tipis-tipis. dinginkan juga di wadah yang agak lebih kecil dari bagian yang pertama.
4. tuang sepertiga sachet energen ke cetakan yang paling kecil daripada dua cetakan sebelumnya. masukkan bagian agar-agar yang ketiga. aduk terus hingga merata. siap didinginkan dengan yang lain.
5. setelah cukup padat, ketiga bagian siap disatukan. siapkan piring datar. letakkan bagian pertama di dasar, kemudian bagian kedua di atasnya, dan bagian ketiga di paling atas. masukkan ke lemari es.
6. setelah benar-benar padat hiasi dengan sisa irisan tomat. taburi dengan sisa sepertiga energen. terakhir tuangi dengan susu kental manis putih di atasnya.
7. nyam..nyam..cukup untuk buka puasa sekeluarga.

2. blewah sehari-hari

bahan:
setengah buah blewah ukuran sedang (cukup untuk tiga orang-yang lagi puasa)
5 sdm gula pasir
1 buah tomat
1 buah jeruk
sirup melon
susu kental manis putih
es (sesuai selera)

cara:
1. belah buah blewah, serut hingga habis, gunakan setengahnya cukup. saat membersihkan, bijinya jangan dibuang. pisahkan bijinya dan masukkan ke dalam gelas. tambahkan 3 sdm gula pasir. aduk terus tanpa diberi air. dengan memanfaatkan reaksi osmosis, nanti akan keluar sendiri cairan blewah yang harum dan manis. setelah kental tambahkan air sedikit, aduk lagi hingga biji-bijinya terlepas sendiri. masukkan ke serutan blewah dengan disaring. bagi yang suka, bagian yang berwarna oranye tempat menempelnya biji bisa disertakan juga. Rasanya segar, empuk, dan manis. Ulangi lagi dengan menambahkan 2 sdm gula pasir hingga tersisa biji-bijinya saja di saringan.

2. masukkan irisian buah-buahan. aduk hingga rata.

3. untuk menunjang semua selera, silahkan menambahkan sendiri sirup melon dan susu kental manis putih di mangkuk masing-masing saja… 🙂 es-nya juga..

tips:
biar asyik, kulit blewah yang sudah diserut daging buahnya bisa dijadikan mangkuk seperti di bawah ini asalkan nyerut-nya hati-hati, jangan sampai bocor..

3. Puding kita 🙂

bahan:
sebenarnya sama dengan puding energen di atas itu. tapi berhubung sirup melonnya abiz, kuganti dengan sirup cocopandan warna merah. karena butuh porsi besar, akhirnya kutambahkan juga 1 bungkus nutrijell lechy (karena warnanya putih) untuk bagian dasarnya nanti.

cara:
1. kali ini waktu yang tersedia lebih longgar, jadi larutan agar-agarnya kubuat terpisah secara bertahap juga. siapkan potongan jeruk dan tomat: pilih jeruk besar yang bisa dikupas kulit arinya. potong jadi dua bagian, hilangkan isinya dan kupas perlahan, masukkan ke air gula. iris ramping daging tomat dan pisahkan bagian tengah dan isinya (sisihkan).
2. untuk bagian pertama, susun jeruk kupas dan tomat berjajar dan berselang-seling (sesuai selera) di dasar cetakan. masukkan setengah bungkus agar-agar putih yang sudah dimasak ke dalam cetakan dengan hati-hati, pertahankan letak isian jeruk dan tomat. tunggu sampai mengeras.
3. bagian kedua adalah energen-nya. sama seperti resep sebelumnya (tapi dengan setengah bungkus agar-agar putih dan 1 sachet energen), langsung tuang di cetakan, di atas bagian yang pertama. dinginkan.
4. bagian ketiga dibuat dari nutrijell lechy. masak hingga mendidih dan tambahkan sirup cocopandan warna merah serta sisa isian jeruk kupas dan tomat. aduk merata. masukkan ke cetakan. diamkan hingga memadat.
5. siapkan sausnya: berhubung waktu itu juga lagi bikin juz tomat-jeruk, busa tomat yang cukup kental bisa dimanfaatkan untuk pelengkap. jangan lupa juga dengan susu kental manis putih dan biji tomat yang tadi disisihkan. boleh dicampur untuk nantinya disiram ke atas puding. tapi kemarin ga kucampur. kuatir ada yang ga selera.
6. letakkan puding di atas piring. lumuri dengan busa tomat di sekeliling tepi bawahnya (kalo di atas nanti nutupi toppingnya yang cantik). tambahkan juga susu kental manis putih di atas puding dan busa tomat. kemudian taburi dengan biji tomat di atas busa tomat tadi (tapi yang terakhir ini kemarin lupa. abiznya dah diteriakin mulu sama ibuk, suruh cepetan, hehe..)
7. siap disantap..as u wish.. 😉

tarawih sudah selesai, sepotong sudah selesai, trus sisanya ini mau diapain?
parohan? 🙂


One Response to “Galeri”

  1. wuih..uenaaak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: